Simplenya cloud computing seperti memiliki komputer di internet, kita duduk di meja hanya mengendalikan komputer2 itu dari jauh (remote). Teknologi ini memungkinan kita untuk menggunakan banyak aplikasi tanpa harus repot2 menginstall di komputer kita. misalnya untuk mengetik,kita menggunakan microsoft word, kita harus terlebih dahulu menginstall aplikasi tersebut di komputer kita. Nah,dengan teknologi cloud, kita tidak perlu menginstall, hanya cukup browser (IE,Firefox) untuk bisa melakukan pengetikan.Tentu tidak hanya terbatas aplikasi mengetik, di cloud juga ada untuk spreedsheet (Excel) , presentasi (Powerpoint), menggambar (Paint) , dll.

Kita sebernarnya sudah dari dulu menikmati cloud yaitu webmail kita (gmail,hotmail,yahoo mail) . webmail aplikasi untuk surat menyurat yang tidak diinstall di komputer kita, file-file email kita tidak disimpan di local hard disk kita. Kalau komputer kita rusak, kita dengan mudah pindah ke komputer lain untuk mengakses webmail. Kita tidak perlu repot2 membawa komputer kita ke luar negri, karena cukup menggunakan komputer dimanapun dengan koneksi inernet kita bisa mengakses email kita.

yang saya anggap cukup gencar memperkenalkan cloud adalah Google dengan menamakan cloudnya Gooogle Apps, dengan produknya bernama Google Docs. Microsoft juga kemudian mengeluarkan produk cloud.Sehari-hari kita sangat terbiasa menggunakan Microsoft Office untuk bekerja. Lihat tabel dibawah ini untuk memberi kejelasan produk cloud yang bisa menggantikan produk konvensional = non cloud, harus diinstal.

Konvensional – Google Cloud

Microsoft Word – Google Document

Microsoft Excel – Google Spreadsheet

Microsoft Powerpoint – Google Presentation

Microsoft Paint – Google Drawing